Selamat Datang di blog Materi Pelajaran Komplit.. Semoga Bermanfaat

Sifat-Sifat Layang-layang

Layang-layang adalah bangun datar segiempat yang memiliki 2 pasang berbeda sisi berdekatan yang sama panjang. Apabila kita melukis dua segitiga sama kaki berbeda yang memiliki sisi alas di ruas garis yang sama dan menghapus alas tersebut, kita memperoleh bangun datar layang-layang. Pada segitiga sama kaki, sudut puncak adalah sudut yang diapit oleh dua sisi yang kongruen. Begitu juga pada layang-layang, dua sudut yang diapit oleh masing-masing pasangan dua sisi yang kongruen disebut juga dengan sudut puncak. Sedangkan dua sudut lainnya merupakan bukan sudut puncak.
Layang-layang
Layang-layang juga memiliki satu sumbu simetri, sama seperti segitiga sama kaki. Kita dapat menggunakan sifat ini untuk menyelidiki sifat-sifat layang-layang lainnya.
Investigasi: Apa Sajakah Sifat-sifat dari Layang-layang?
Pada penyelidikan ini kita akan melihat sudut-sudut dan diagonal-diagonal yang dimiliki oleh layang-layang untuk menemukan sifat-sifatnya.
Langkah 1: Buatlah dua ruas garis tidak kongruen yang saling berhubungan pada kertas. Kemudian lipatlah kertas menurut kedua ujung dari ruas garis tersebut. Selanjutnya blatlah kedua ruas garis tersebut pada sisi kertas yang lainnya.
Langkah 2: Bandingkanlah besar sudut dari masing-masing pasangan sudut yang berhadapan dengan melipat kertas sehingga sudut-sudut yang berhadapan bisa saling berimpit. Apakah sudut-sudut puncaknya kongruen? Apakah sudut-sudut selain sudut puncak kongruen?
Langkah 1 & 2
Sifat Sudut Layang-layang
Sudut-sudut selain sudut puncak dari layang-layang merupakan sudut-sudut yang kongruen.
Langkah 3: Lukislah diagonal-diagonal dari layang-layang. Bagaimanakah hubungan antara diagonal-diagonal tersebut?
Sifat Diagonal-diagonal Layang-layang
Diagonal-diagonal layang-layang saling tegak lurus.
Adakah sifat lain dari diagonal layang-layang?
Langkah 4: Bandingkanlah panjang segmen dari masing-masing diagonal. Apakah diagonal tersebut membagi diagonal lainnya menjadi 2 bagian yang sama panjang?
Sifat Diagonal sebagai Garis Berat
Diagonal yang menghubungkan sudut-sudut puncak membagi diagonal lainnya menjadi 2 bagian yang sama panjang.
Langkah 5: Lipatlah kertas menurut diagonal-diagonalnya. Apakah diagonal-diagonal tersebut membagi 2 sama besar sudut-sudut yang dihubungkannya?
Langkah 5
Sifat Diagonal sebagai Garis Bagi
Diagonal yang menghubungkan sudut-sudut puncak membagi sudut-sudut puncak menjadi 2 bagian yang sama besar.
Contoh Soal..


Semoga bermanfaat....

0 Response to "Sifat-Sifat Layang-layang"

Post a Comment